Thursday, March 12, 2009

FIGUR 09

FIGUR 2009 FOR EXCIST
Mau baca aktivitas yang seru-seru anak Excist 08 di Figur
silakan............
Akhirnya FIGUR (Forum Inisiasi Gerakan Unik dan Radikal) Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi berlangsung juga. Amkop (Akademi Manajemen Koperasi) Makassar menjadi saksi bisu tempat kemarahan.
berlangsungnya acara pembukaan pada hari Jumat, 6 Maret 2008 sekitar pukul 14.00 waktu amkop.

Figur kali ini dibuka langsung oleh PD III FISIP UNHAS Bapak Abdul Gaffar. Mengangkat tema “Melek Media menuju Revolusi Informasiâ. FIGUR kali ini diharapkan dapat mencapai sebuah revolusi informasi dengan menghasilkan generasi-generasi yang melek media harap Kak Madi 04 selaku Koord. Sterring.

Dengan diikuti oleh lebih kurang 50 peserta, saat inipun tengah berlangsung materi pertama yaitu “kenyataan di awal gelombang radio†yang dibawakan oleh kanda Mulyadi Mau.

FIGUR masih terus berlangsung hingga hari Minggu (080309) nanti. Dengan segala hormat kami mengundang kanda-kanda serta rekan-rekan KOSMIK untuk menghadiri kegiatan ini.
kegiatan figur yang berlangsung pada hari jumat 06/03, merupakan sesuatu yang baru buat adik-adik 2008. saya melihat mereka begitu bersemangat disetiap meteri yang didapatkan. apalagi pada saat games yang diberikan oleh bang idol, banyak senyuman dan suara tawa yang membuat ruangan amkop menjadi ramai. dan materi terakhir pada malam sabtu itu di isi oleh kak budi K-98 dan kak ancu k-01 dengan materi kabar dibelakang layar. antusias maba-08 sangat besar mendengarkan cuap-cuap dengan berbagai pengalaman dan ilmu oleh kedua senior yang paling keren hehehhehe...
pokoknya figur 2009 bertema melek media sangat seru...!!! bernuansa unik dan radikal....

Materi kedua berlangsung pukul 20.00 WITA dengan mengangkat tema Dinamika Kelompok. Bang Idol selaku pemateri mampu membuat suasana lebih hidup dari sebelumnya. Ia menyajikan beberapa permainan disela-sela materi yang diberikan. Diantaranya, permainan mengurutkan tanggal kelahiran dari yang muda hingga yang tertua. Selanjutnya, peserta diminta untuk membuat dan membentuk sesuatu dari kertas dan sedotan sesuai dengan imajinasi mereka. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan imajinasi dan mengeksplor kreatifitas mereka. Peserta yang tadinya duduk diam, tampak antusias mengikuti games ini.

Dua jam berlangsung begitu cepat. Kini giliran Kak Budi dan Kak Ancu ( TV ONE ) yang berduet untuk memberikan materi selanjutnya. Mereka berdua didaulat untuk membawakan materi bertema Kabar di Belakang Layar. Sorak sorai dan tepuk tangan peserta dan panitia mengiringi langkah kedua kanda ini saat menuju podium pemateri. Untuk materi yang satu ini, para peserta cukup antusias untuk mengajukan pertanyaan kepada kedua pemateri. Namun karena keterbatasan waktu, tak semua peserta dapat menyalurkan aspirasi, pertanyaan atau mungkin curhatan mereka.

Materi untuk hari pertama ini berakhir pukul 24.07. Para panitia pun membimbing peserta untuk segera menuju kamar yang telah disediakan. Tak lupa, sebagian dari para peserta diimbau untuk membereskan aula terlebih dahulu.

Semoga FIGUR esok akan lebih meriah dan selalu semangat!!!

FIGUR hari kedua pun berjalan lagi,

Diawali dengan senam pagi, peserta memulai INDAH FIGURnya. Setelah senam pagi dan sedikit membersihkan diri kembali peserta memasuki ruang materi dan mendapatkan materi dari OC (Organizing Committee) & SC (Stering Committee) hingga sore hari dengan beberapa tema seperti Mencetak Kenyataanâ€, Membekukan ruang dan waktu menjadi kenyataan, dan “Cahaya yang kukisahkan. Pada 3 materi yang dipandu langsung oleh SC ini peserta FIGUR diberikan tugas perorangan dan perkelompok untuk membuat sebuah karya foto dan video.

Dalam materi mencetak kenyataan, kak Maddie (04) yang memimpin langsung materi, terlihat membagikan Koran kepada peserta FIGUR, untuk kemudian para peserta FIGUR mencari tulisan dalam pemberitaan tersebut.

Menjelang sore hari Kanda Nasrullah Nara (KOMPAS Biro Mks) terlihat memasuki wilayah pelaksanaan FIGUR. Rupanya sore ini beliau didaulat untuk membawakan materi “Dibalik Produksi Media Cetak. Malam pun beranjak tiba… selepas makan malam, materi dilanjutkan kembali. Pada kesempatan kali ini Kanda Yudi (K’99) didaulat sebagai pemateri untuk materi “Diskursus Budaya dan Media Massa. Lepas malam dengan rasa kantuk yang mungkin mulai merasuki setiap wajah para peserta FIGUR. Kanda Ompe’ (Kâ85) didaulat menjadi pemateri berikutnya dengan mengangkat tema “Manajemen Keorganisasian; Mekanisme Struktural atau Otonomi Agensi dan Jaringan. Materi berlangsung dengan sangat interaktif sehingga kantukpun tidak terlalu terlihat lagi di wajah para peserta.

Dini hari, (Minggu,01.30 080309)the last gate yang merupakan langkah terakhir para peserta FIGUR memasuki BIRU MERAH KOSMIKpun berlangsung. Suasana khidmat dan Haru tampak jelas menjadi warna pada saat itu. Beragam persembahan dari adik-adik maba 08 mengisi keramaian dini hari itu. Sampai sambutan dari para mantan ketua Korps seperti Kak Budi (Kâ98), Kak Patang (Kâ01) Kak Bento (Kâ02) Kak Abe (Ka 03) Kak Maddie (Kâ04) Kak Haerul (Kâ™05) sampai kepada kak Irwan (K’06) yang merupakan ketua korps saat ini. Terakhhir penyematan secara simbolis jas Almamater yang merupakan simbol diterimanya adik-adik 08 sebagai anggota baru Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KOSMIK)

Pagi harinya ketika sisa-sisa kantuk masih memenuhi wajah para peserta FIGUR bahkan wajah penulis,acara penutupan kembali di helat. Dengan sebelumnya memperlihatkan hasil-hasil video dan foto dari peserta FIGUR serta persembahan lagu dari seorang kakak di Ka 06 dengan inisial K.H.A.E.R.U. L Tepat pukul 12.00 siang, sang ketua korps saudara Irwan Idris secara resmi menutup langsung kegiatan FIGUR 2009 kali ini.

Finally tiga hari yang INDAHpun harus segera berakhir, kerja keras panitia didampingi SC benar-benar sangat patut untuk diberi apresiasi yang tinggi. Harapan SC atas hasil dari FIGUR kali ini diharapkan mampu membentuk adik-adik KOSMIK 2008 sebagai generasi muda yang melek media dan kritis dalam menerima informasi.

Terakhir, di tengah ramainya peserta FIGUR, Panitia, Pengurus dan SC berfoto di depan ruangan materi. Penulis dari balik laptop pinjamannya sangat ingin mengucapkan Selamat Datang kepada Adik-adik KOSMIK 2008 di BIRU MERAH KOSMIK. Semoga warna-warni BIRU MERAH akan semakin INDAH dengan kehadiran kalian. Sekali lagi selamat datang dik⦠selamat datang di dunia barumu.


Amkop

080309 12.45

(ditengah menyaksikan kawan-kawan berfoto dan membereskan barangnya masing-masing)

CREATED BY
l15da_maniezt
ichira_chan02
ranesmanmodel

di kutip dari milis kosmik
maaf yach ambil tanpa izin
cuman mau memperlihatkan teman-teman yang belum baca
supaya masuk juga di milis...maaf yach kalau tidak setuju nanti di delete kok....

Comments :

0 comments to “FIGUR 09”


Post a Comment